Friday, March 30, 2012

manusia di persimpangan

Aku. manusia di persimpangan. Aku bisa saja memilih berjalan ke kanan atau ke kiri. namun, aku tak pernah tau bagaimana tiap-tiap jalan itu. apakah rusak, mulus, lurus atau berliku? apakah sempit atau lebar? apakah ini akan panjang atau pendek? apakah ini benar untukku atau malah .. membahayakan?
Tak ada yang tahu. mata ini pun tak bisa menembus waktu. Aku bukan Tuhan.

Kini aku berdiri. tak hanya ada 2 persimpangan. nyatanya begitu banyak. aku bisa saja memilih untuk tetap diam dan tak pernah bergerak maju. aku juga bisa maju. namun aku tak tahu apakah derap langkahku ke depan adalah benar. aku bisa memilih untuk menjadi bodoh. bisa juga pintar. bisa jadi perempuan bermoral atau hina. aku bisa baik tapi aku juga bisa buruk.

kamu, kalian, dan mereka adalah aku. yang bertatap dengan pilihan. ini hidup. ini kita.
manusia di persimpangan ..

No comments:

Post a Comment