Friday, February 17, 2012

70 chocholates in February

*permisi gue mau alay semi galau di post ini*

This the best Valentine in my life. Hari ini aku abisin waktu Valentine sama temen2ku. tapi nggak seperti tahun2 sebelumnya sekarang Valentine-nya lebih beda. Lebih banyak orangnya, lebih beda lagi orangnya, lebih beda apa yang kita lakuin, but the point is the different mean.

Waktu itu kita lagi ngumpul2 di kantin seperti biasa (Aku, Damar, Dea, Widya, Tia, Tata, Priska, Yayang, Okta, Diana). Berhubung Valentine udah deket kita mulai ngomongin kita mau ngapain. Awalnya gue bilang bikin coklat aja di rumah Yayang (berhubung ni cewek calon ibu rumah tangga yang baik -..-). Mereka sih asik2 aja. Terus kita juga janjian buat saling tuker coklat. itu artinya kita harus beli masing2 sepuluh coklat ! *mencret* gue sempet mikir gimana caranya biar gue beli tu coklat sementara (nengok kantong) duit gue udah abis dan gue nggak enak buat minta duit ke ortu. beberapa hari setelahnya, waktu pagi2 Tata bilang ke aku kalo mamanya usul biar kita urunan buat beli cake valentine aja daripada beli coklat sepuluh. lagipula lo ntar sama aja juga dapet 10 coklat apa ndak mblenek --". berhubung alasan itu ngedukung banget dan well, gue juga bokek, gue setuju. dipikir2 ini tu bakal lain. biasanya kan cuma tuker2an coklat. Then, kita tanyain usul ini ke temen2 lain dan mereka setuju. kita berencana iuran 20rb buat beli cake dan makan2nya d kost2an priska.

Waktu kita itung2, 200ribu yang kita urunan itu bakalan sisa kalo cuma dibuat beli kue tart. Rencananya kita mau pake itu buat beli coklat yg gue lupa waktu itu mau dibikin apa. terus gue mikir dan merenung. tiba-tiba gue keinget sama panti asuhan tempat anak2 special need yang dulu pernah gue kasih parcel buah kecil dengan duit semampunya. gue pun berniat untuk ngo ke temen2 gimana kalo beli coklat buat dibagi ke anak2 panti. honestly, awalnya gue takut kalo mereka nggak setuju. dan gue coba ngomong. ternyata mereka setuju2 aja, seneng malah. tapi akhirnya karna setelah diomongin bla3 lagi, kita nggak jadi ke panti asuhan karna bakalan ribet. so, kita bakal bagiin ini ke orang2 jalanan :)

puji Tuhan banget, as the time goes on. banyak temen2ku sampe HAMPIR SEMUA guru2ku ikut nyumbang duitnya buat beli coklat untuk dibagiin. cukup terkesan waktu ada salah 1 guru yang bilang "kenapa nggak dari dulu? gini kan lebih bermanfaat". walau yang nyumbang ada yang 1000-50.000 but that was awesome !. nggak penting soal berapa banyak kamu nyumbang. yang penting berapa banyak keikhlasanmu untuk melakukan hal ini. Finally, kita berhasil ngumpulin 70 coklat buat dibagiin ke mereka yang hidup di jalanan.

today, the plan begin.
hari ini kita V-day dulu di sekolah, ngedukung acara OSISnya adek2. acaranya sih kalo menurut aku bagus. cuma emang audience-nya yang rada rese susah diajak partisipasi *maaf ya*. semangat adek2 ini masih program pertama :D ;). disitu gue sempet gila2an sama temen2 gue. boleh jujur nggak? *ini bagian alay* gue sempet ngrasa sedikit yaaaa nyesek. rasanya tinggal 2 bulan lagi gue bisa bareng2 mereka.

selesai acara gue dan temen-temen langsung balik semangat '45. waktu kita mau cabut kita ngumpulin sisa2 konsumsi dari acara itu yang masih utuh buat ikut dikasiin juga ke orang2nya. akhirnya, kita pisah dulu. gue yayang okta bagiin sedikit makanan ini d kemiri daerah2 depan SMANSSA sementara yg lainnya cuussss ke kost2an priska duluan.

dr rumah priska kita bersepuluh plus Ron Berliana (nana) berangkat jam setengah 2 pas. namanya kit selalu ngeksis, kita foto dulu bareng kardus coklat yg d tulisin HAPPY VALENTINE. kita jalan dari arah ke SD M 78 smpe puter2 jensud. kita pun mencar jadi 2 kelompok. aku barengan sama damar, yayang, tata, dea, sam okta.


(ini gue tulis yg orang2 plg berkesan buat gue)

orang pertama yang kita kasih adalah seorang tukang parkir. bapak2 udah rada tua. Tata yang ngasih coklatnya. terus okta ngasih sekerdus snack konsumsi acara V-day. dont u know? he almost cry :) bapaknya mbrambangi. ak sempet ngerasa ini aneh. bukankah ini hal kecil? kenapa ini bapak sampe segitunya? apa karna jarang ada yg namanya berbagi?

org kedua yang paling berkesan buat gue adalah seorang pengemis. dia kakek2. dia buta. tapi ini beda. dia buta karna salah satu matanya nggak ada. gue liat dengan jelas gimana bola mata itu nggak ada di wajahnya. dia sempet kaget waktu gue pegang tangannya dan ngasiin roti ke dia. gue jelasin. dia bilang sesuatu yang nggak jelas. ternyata dia ngomong "terimakasih". gue cukup suka dgn kakek ini. dia nggak kayak pengemis lainnya yg bicara pjg lebar bla2 kalo d kasih something. dia cuma bilang terimakasih tapi tulus. gue sempat trenyuh liatnya. "Tuhan memberkati, pak!", i said. he was smiling. then i left him. gue nggak bayangin gimana rasanya nggak punya mata. gimana kamu bisa lihat gelap. terus kamu cuma bisa pasrah sama semua itu. karna kamu orang jalanan. aku bahagia seebatang coklat dan sepotong roti itu bisa bikin dia senyum. dia emang nggak liat aku, tapi itu kan nggak penting. dia masih bisa merasakan bagaimana itu berbagi.

orang ketiga kita temui waktu jalan mo balik ke kost2an. kita ngasih coklat ke ibu-ibu sama anaknya yang udah lumayan gede. mereka makan sambil duduk dengan beralaskan kardus dan tempatnya tu kumuh banget. awalnya ibu itu nolak. "ini beli?". gue senyum (mungkin nggak cuma gue, tapi temen2 juga). ini yang kesekian kalinya gue dan tmn2 denger pertanyaan itu. aku nggelengin kepala. "ini dikasih bu. Selamat hari Valetine. ini dek". mereka terimakasih.
"ini beli atau dikasih?". ini nih, sharing being the rare one. berbagi ternyata udah jadi barang yang langka. sampe2 orang yang mau berbagi aja diragukan. gue jadi inget waktu salah satu ibu ngomong kalo sebenernya dia takut nerima coklat itu. here we go. hidup udah terlalu kotor. dimana orang yang jujur, orang yang mau berbagi, dan orang yang mau mengulurkan tangan untuk sesama itu cuma mimpi.

orang ke-empat. waktu dijalan pulang juga. kita kehujanan waktu itu. that time, kit lagi ngelewatin tempat pembuangan akhir. disana ada ibu/bapak (gue lupa) petugas sampah yang lagi mangku anak kecilnya di deket tempat sampah gede. mereka duduk disana. keliatannya anaknya rewel gitu. ortunya terus ngajak main dia. menyedihkan. gue beruntung masa kecil gue nggak main2 di sampah bareng ortu. gue ambil 2 coklat dari kardus HAPPY VALENTINE kita dan gue deketin mereka. "selamat hari Valentine! ini ya dek coklatnya". anak kecil itu ngeliat gue. dia item banget. terus dia senyum. giginya rada rusak gitu. tapi senyumnya manis if u wanna know. "terimakasih ya!". gue senyum. denger suara adiknya yang anak kecil banget itu rasanya bahagia. dia tulus. polos. i'm feeling guilty saat aku mengeluh aku nggak bisa beli ini beli itu karna nggak d kasih ortu atau karna duitku abis padahal anak kecil ini main2 sama sampah dan ngerasa seneng banget hanya dengan sebatang coklat kecil. bodohnya kamu yang mengeluh hanya karna tidak mendapatkan coklat yang banyak di hari valentine atau karna nggak dapet coklat dari orang spesial yang kamu harapkan. sementara adik kecil itu sangat bahagia dan berterimakasih dengan tulus ketika orang asing yang nggak ada spesial2nya buat dia memberinya sebatang coklat kecil. the stupid thing, bagaimana kita selalu menatap ke atas tanpa memperdulikan orang2 yang nggak seberuntung kita.

a short trip, a long meaning. haha. okay, gue juga sempet sebel sih waktu beberapa orang maksa minta coklat bahkan ada yang nyerobot ngambil di kotak coklat kita. tapi yahh never mind.

hari ini gue melihat betapa berbagi adalah hal yang mulai ditinggalkan. bagaimana berbagi adalah sesuatu yang diragukan saking bohongnya dunia ini.yang terpenting juga adalah BAGAIMANA CARA KITA MEMAKNAI VALENTINE. ini bukan soal seberapa banyak coklat yg kamu dpt, atau siapa org yg memberimu coklat, atau PUNYA PASANGAN ATAU ENGGAK-KAH KAMU? #yg ini nusuk. karna valentine adalah seberapa banyak kamu berbagi, seberapa banyak ketulusanmu, seberapa besar kamu bisa mengasihi sesamamu.bener kata Mother Teresa
"kebaikan yang kamu lakukan hari ini mungkin akan dilupakan orang. tapi teruslah berbuat baik".

Setelah perjalanan itu, kita ngumpul d kost priska dan potong cake disana. ngerayain valentine ala kita sendiri dan having fun :D kita nyeritain siapa2 yang kita kasi, foto-foto, dan bikin video clip konyol. will be a sweet memories. waktu kita buat bareng emang tinggal sedikit lagi. well, SMP cuma 1 kali seumur hidup. jadi kalo kita nggak berani buat sesuatu yang lain kamu akan menyesal ketika tua, kamu akan mengenang sesuatu yang membosankan :p wkkwkkw

.Gie.

2 comments: